berbagi cerita membuka cakrawala

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 26 November 2018

Kenapa Saya Menulis Blog Dan Beberapa Kesalahan Pemula Saat Memulai Menulis Blog

Sebagai pembuka artikel ini, saya ingin menegaskan bahwa artikel ini dibuat bukan karena saya ikut challenge BPNetwork. Postingan ini saya buat karena saya memang tertarik dengan topik challenge, sehingga saya bisa kembali muhasabah diri dan melihat kembali kenapa saya menulis di blog. Dalam sejarah hidup saya, memang jalan hidup saya kebanyakan hanya mengalir bahkan tidak tahu sebenarnya muara yang akan saya tuju. Sehingga memang perlu untuk mereview kembali kenapa saya menulis blog.

Menulis Blog

Seingat saya pertama menulis blog saya menggunakan blogspot karena tertarik dengan penghasilan yang menggiurkan dari kawan-kawan yang bisa gajian dari adsense, sehingga saya pun ikut mencoba menulis blog. Saya lupa itu tahun kapan speertinya sekitar tahun 2011an. Tapi karena tidak kunjung diterima pengajuan adsense saya akhirnya saya pun males untuk nulis blog.

Kemudian saya kembali membuat blog dengan nice parenting, karena pengen cepat dapat hasil instan akhirnya saya mengisi konten dengan membeli artikel di salah satu forum konten. Jalan satu tahun karena trafik tidak kunjunga naik hanya stagnan dikisaran 200an akhirnya saya memutuskan untuk mengamputasi blog itu. Saya menganggap itu adalah investasi gagal saya.

 Selanjutnya karena tuntutan pekerjaan akhirnya saya membuat lagi blog baru dengan tujuan untuk sharing materi dan bahan mengajar saya. Namun saya masih juga sulit untuk bisa konsisten menulis dan mengisi kontennya.

Hingga akhirnya saya bergabung dengan komunitas Bloger Kepri. Meskipun masih juga belum konsisten untuk menulis dan mengisi konten blog setidaknya saya mulai menyadari bahwa penghasilan dari aktivitas menulis blog tidak harus bergantung pada adsense. Yang terpenting adalah menulis dan meningkatkan authority dari blog kita. Sehingga saya mulai belajar lagi dan mulai menulis lagi agar blog saya tidak kosong.

Kesalahan Pemula Saat Memulai Menulis Blog

Jadi dari curhatan diatas bisa saya simpulkan bahwa dalam perjalanan saya menulis blog ada beberapa kesalahan yang bisa dijadikan pelajaran jika ingin menulis blog, yaitu :

1. Salah Niat

Niat awal saya menulis blog karena ingin mendapatkan penghasilan dari Adsense sehingga ketika pengajuan adsense tidak kunjung diterima akhirnya saya mulai malas untuk menulis blog.

2. Kurang Sabar

Ternya untuk mendapatkan penghasilan dari adsense butuh tenaga dan pikiran. Selain itu harus sabar dalam membuat konten dan tidak bisa menggunakan cara-cara instan.

3. Tidak Konsisten

Untuk mendapatkan trafik yang tinggi butuh konsistensi dalam menulis dan mengisi konten di blog. Tidak ada hasil instan semua butuh proses. Bahkan memasak mie instan saja tetap butuh proses dan prosedur.

4. Tidak Tahu Tujuan

Menulis blog setidaknya memiliki tujuan yang jelas, rerata bloger yang sukses mereka memiliki tujuan dari tiap blog yang dimilikinya mulai dari sekedar menuangkan ide, berbagi informasi sampai memberi manfaat bagi orang lain. Kalau istilah bloger harus punya nice untuk blog kita.

5. Tidak Punya Pendirian

Saya hanya melihat kesuksesan temen-temen yang sudah punya penghasilan banyak dari blog sehingga saya tidak punya pendirian dalam membuat blog. Nice nya gak jelas, sehingga saya jadi sulit mau nulis tentang apa dalam blog saya.



Kenapa Menulis Blog

Dari pelajaran itu saya melihat ketika ingin memulai menulis blog memang sebaiknya memiliki 5 (lima) niat utama sebagai berikut :

1. Belajar Menulis

Hampir rerata temen-temen yang sukses ngeblog mereka menuliskan alasan mereka membuat blog adalah untuk mengasah kemampuan dalam menulis hingga akhirnya dari konsistensi menulis itu mereka bisa mendapatkan hasil baik dari penghargaan sampai materi untuk memenuhi kebutuhan finansialnya.

2. Menuangkan Ide, mengabadikan Momen baik itu cerita perjalanan dan momen lainnya

Selain menuangkan ide, tulisan yang banyak dibagikan oleh teman-teman bloger senior rerata adalah cerita perjalanan dari gambaran kisah hidup yang mereka lewati. Baik itu cerita perjalanan selama liburan, menginap, menikmati makanan hingga kegiatan-kegiatan lain yang asik untuk dinikmati pembaca.

3. Ikut Lomba

Tidak sedikit dari senior bloger yang ikut lomba menulis dan akhirnya bisa memenangkan perlombaan. Dari perlombaan itu mereka dapat hadiah uang maupun penghargaan. Tentu ini bisa menjadi Curiculum Vitae mereka. Selain itu, meskipun kalah setidaknya blog mereka mulai dikenal dan mendapat backlink diberbagai tempat. Jadi tidak rugi untuk mengikuti lomba menulis.

4. Menambah kawan atau relasi

Dari komunitas bloger akhirnya mendapatkan kenalan dan keluarga baru, keluarga yang menurut saya hampir tidak pernah diam, maksudnya chat group selalu ada hal-hal yang bisa dibicarakan. ya maklum saja, kan mereka rerata penulis. Nulis blog yg panjang saja mereka sanggup apalagi sekedar cerita di group chat. hehehehe

5. Menambah penghasilan.

Menambah penghasilan memang baiknya diletakkan diakhir, karena niat tulusa dalam menulis blog itu lebih baik dipakai saat menulis blog. Penghasilan akan datang dengan sendirinya seiiring konsistensi kita dalam mengisi konten blog dan memberi manfaat bagi orang lain.

Baca juga : Menulis, Menuangkan Ide dan Menambah Penghasilan
Mungkin itu lah tulisan saya tentang kenapa saya menulis blog. Tulisan ini juga saya buat untuk memaksa diri saya menulis dan ikut BW di group Bloger Kepri yang sedang deadline 3 menit lagi.

9 komentar:

  1. The power of kepepet oleh deadline, hehee. Nice.

    BalasHapus
  2. Aku ngeblog karena pengen curhat, hehehe.. Awal-awal ngeblog dulu sama sekali gak kepikiran (bahkan gak tau) kalo ngeblog itu bisa ngasilin duit, hehehe.. Eh sekarang malah jadi ketagihan

    BalasHapus
  3. Emang butuh konsisten.. Itu yg berat hihihi

    BalasHapus
  4. Dulu menulis blog karena buat mindahin isi diary aja haha. Sekarang malah ngeblog bisa beli diary berkarung-karung

    BalasHapus
  5. Bener banget kak gak ada yang instan... Pelan tapi sukses juga

    BalasHapus
  6. Hehehe salah niat ngeblog tp sekarang niatnya da lurus kan ya? Hehehe....

    BalasHapus
  7. Jadi kepengen nulis lagi, coz biasanya karna sok sibuk blog jadi terbengkalai. Bahkan saat ingin mengaktifkan lagi, dengan membeli artikel kepada beberapa jasa yang notabene tidak sesuai harapan hiks..

    BalasHapus
  8. Konsisten ini yg berat menurut saya, sebulan satu postingan aja susah bgt rasanya 😥😓 tp demi dpt adsense tetap berusaha menulis 💪😁

    BalasHapus
  9. Adsense itu kalau menurut saya bonus dari Tuhan atas kerja keras kita berbagi cerita dan informasi dengan nulis di Blog

    BalasHapus


Post Top Ad

Your Ad Spot