berbagi cerita membuka cakrawala

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 01 Februari 2018

Menulis, Menuangkan Ide dan Menambah Penghasilan

Menulis mungkin merupakan rutinitas yang membosankan saat kita dibangku sekolah dulu. Karena biasanya saat masih dibanggu pendidikan kita selalu dituntut untuk menulis ulang materi yang ada dibuku maupun yang disampaikan oleh Guru/Dosen. Namun tidak sedikit orang yang menjadikan kegiatan menulis menjadi sebuah seni dalam merangkai kata-kata. Menulis dijadikan sarana untuk menuangkan ide dan gagasannya. Serta tidak sedikit yang bisa menambah penghasilannya dari menulis.
Menulis, Menuangkan Ide dan Menambah Penghasilan


Beberapa minggu ini selain menyelesaikan berbagai rutinitas kerjaan harian, saya juga mencoba menulis sebuah buku. Saya menulis, dengan maksud menuangkan ide saya menjadi sebuah buku. Meskipun menulis itu dapat menambah penghasilan, namun maksud atau tujuan utama saya menulis buku bukanlah untuk menambah penghasilan saya, tapi untuk memudah mahasiswa saya belajar.

Saya teringat sebuah pepatah yang sangat terkenal yaitu Gajah mati meninggalkan gading, Harimau mati meninggalkan belang. Begitulah pribahasa yang selalu menjadi analogi untuk memotivasi kita untuk meninggalkan sesuatu yang dapat dikenang dengan baik jika kita meninggal suatu hari nanti. Maka jawabannya adalah dengan meninggalkan karya, karena karya akan selalu hidup meskipun pembuatnya telah mati. Pribahasa tersebut sangat memotivasi diri saya untuk segera menyelesaikan tulisan saya.

Menulis merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan tapi memang membutuhkan waktu yang lumayan untuk mencari ide dan menuangkan ide atau gagasan.

Namun jika diseriusin, menulis juga dapat menambah penghasilan. Jadi meskipun kalian hanya di rumah dan tidak memiliki pekerjaan tetap, kalian akan bisa menambah penghasilan dengan cara menulis.



Berikut ini adalah contoh lima profesi yang bisa anda lakukan untuk menambah penghasilan dari menulis sebagaimana saya kutip dari blog mbak lyta :

1. Menjadi Penerjemah/Menulis Terjemahan

 Jika kalian memiliki kemampuan bahasa asing, kalian bisa membuka jasa penerjemahan dokumen.

2. Menulis Blog

Daripada kamu menulis keluh kesah di buku harian, lebih baik kamu tuangkan ide atau gagasan kamu di blog. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, kamu bisa menambah penghasilan kamu dari menulis blog. Jika kamu beruntung, tulisan kamu bisa dijadikan buku, seperti Raditya Dika, yang awalnya menulis blog kemudian sekarang bisa menjadi artis terkenal.

3. Menulis di Media Cetak

Kalau ini kamu harus jeli melihat, karena tidak semua media cetak memberikan kamu komisi untuk setial artikel yang kamu kirim. Selain itu, tingkat persaingannya juga tinggi, namun ini bisa kamu gunakan untuk menjadikan tulisan sebagai sumber tambahan penghasilan.

4. Menulis Buku

Jika kamu memiliki banyak ide, maka tuangkan ide tersebut kedalam tulisan dan jadikan ide tersebut menjadi buku. Kemudian kirim ke penerbitan, sehingga kamu akan bisa menambah penghasilan dari royaliti hasil penjualan buku yang kamu buat tersebut. Setiap penerbit memberikan besaran royaliti yang berbeda-beda.

5. Membuka kursus Menulis

Jika kamu memiliki kemampuan menulis yang baik kamu bisa membuka tempat kursus untuk menulis. Untuk meningkatkan pasar, kamu bisa membuka jasa kursus secara online.


Dalam setiap profesi apapun, kita harus sadar bahwa semuanya butuh proses. Sehingga, untuk mendapatkan tulisan yang bagus kamu perlu melatih terus kemampuan menulis yang kamu miliki. Menulis blog merupakan salah satu media yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan menulis yang kamu miliki.

Jika kamu memiliki blog, saran saya gabunglah dengan komunitas agar bisa lebih termotivasi dalam menulis blog. Seperti yang saya lakukan, setelah bergabung dengan komunitas bloger saya akhirnya "dipaksa" untuk menulis. Karena salah satu kegiatan yang ada di komunitas tersebut adalah arisan menulis, sehingga kita dituntut untuk mengupdate tulisan tiap minggunya.

Detailnya kamu bisa baca : Arisan Blog, Cara Menambah Backlink dan Meningkatkan Pengunjung

Sebagai seorang dosen saya juga dituntut untuk selalu menulis, seperti membuat bahan perkuliahan ataupun membuat laporan penelitian yang harus saya lakukan setiap semester.

Maka, ikatlah ilmu dengan menulis, mari tinggalkan karya baik yang dapat bermanfaat bagi orang lain, syukur-syukur bisa menambah penghasilan kita.


3 komentar:

  1. Setujuh menulis dan menuangkan ide dengan karyanya yg baik dan bermanfaat, jangan pula menulis dan menyebarkan HOAX bisa menyesatkan pembaca

    BalasHapus
  2. Asik kali ya kalau bisa nulis buku, apalagi kalo bukunya bisa best seller. Bakal jadi bener2 menghasilkan.

    BalasHapus


Post Top Ad

Your Ad Spot